Pengertian Bisnis
Bisnis dalam pengertiannya adalah
usaha atau perusahaan yang dimana si pelakunya ingin mendapat keuntungan seraca
ekonomi. Bisnis lebih ditekankan kepada pelaku jual beli baik secara tunai
maupun kredit, dengan strategi bisnis kita bisa melakukan riset pasar, meramal
sebuah perusahaan atau lembaga bisnis lainya apakah akan mengalami kemajuan
atau kemunduran (Dinamis) sesuai siklus ekonomi pasar.
Faktor Perubahan Ekonomi
Yang menjadi faktor perubahan
ekonomi yaitu akibat :
- adanya era Globalisasi Pasar (Pasar Bebas)
- adanya era Teknologi (Informasi)
Pengertian Globalisasi Pasar (Pasar
Bebas) adalah dimana adanya kegiatan bisnis yang tidak mengenal batas wilayah,
dampaknya ialah yang terkuatlah yang bertahan dan yang paling memiliki
marketable value.
Pengertian Teknologi (Informasi)
adalah dimana adanya kegiatan bisnis tidak dilakukan secara langsung melainkan
melalui media Informasi (IT) yaitu melalui iklan dan situs online. Sebagai
contoh kita sering menjumpai situs-situs iklan maupun jual beli di internet,
itu menandakan si pelaku bisnis sudah tidak perlu memiliki subuah toko atau
galery yang cukup besar dan mewah karena sudah tergantikan dengan media online.
Ada juga yang mempunyai toko atau
galery yang besar dan mewah tapi masih tetap menggunakan media informasi,
tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak pengujung atau konsumen untuk
membeli produknya, karena di era seperti ini semua kegiatan bisnis tidak bisa
lepas dari media informasi salah satunya ialah teknologi informasi.
Kesimpulan :
Pelaku bisnis tidak boleh
ketinggalan dalam hal teknologi untuk memasarkan produknya, maka dari itu
sekarang sarana teknologi informasi semakin mudah untuk kita dapatkan dengan
harga yang relatif terjangkau.
Kita bisa beriklan dengan biaya
yang murah dengan cara membagikan selebaran di setiap stopan jalan (traffic
light) maupun di tempat-tempat wisata atau belanja yang banyak dikunjungi
orang.
Kita bisa beriklan bahkan langsung memasarkan
produk yaitu melalui media internet, contoh : melalui domain web, facebook,
twitter, blog, dll.
Penomena Dampak Perubahan
Penomena dampak perubahan adalah :
1. Kekuasaan beralih ke konsumen;
Akibat dari penomena ini produsen
dituntut untuk lebih jeli dalam menentukan jenis atau model yang akan
diproduksinya yaitu dengan cara melakukan riset pasar, korespondensi dan
promosi quiz di tempat-tempat strategis (biasanya di mall) guna mendapatkan
informasi mengenai produknya.
2. Skala produksi besar tidak harus dilakukan;
Dengan banyaknya produk serupa,
maka produksi skala besar tidak mungkin dilakukan sehingga harus mencari cara
agar produksinya bisa besar dan konsumen merasa puas yaitu dengan cara menjaga
kualitas barang/produk yang baik, pesanan layanan antar (delivery service)
dengan penawaran harga terjangkau/bersaing serta cara-cara lain yang
dimaksudkan untuk menarik minat konsumen.
3. Batasan wilayah negara bukan lagi kendala;
Saat ini dinegara kita telah banyak
aktifitas bisnis dari berbagai kalangan lintas negara, mereka berasal dari
Cina, Malaysia, Singapura dll.
4. Teknologi cepat ditiru;
Saat ini teknologi begitu cepat
untuk ditiru, contoh yang paling dominan adalah handphone/gadget dengan harga
jual yang jauh lebih murah dari model pertama yang dikeluarkan oleh produsen
besar.
5. Setiap saat muncul pesaing;
Secara tidak disadari dari hasil
tiruan tersebut, pesaing-pesaing semakin banyak dan kalau tidak ditangani
dengan cermat para produsen pelopor akan kalah bersaing.
6. Meningkatnya sensitivitas pada konsumen.
Diakibatkan dari kejadian diatas,
otomatis akan menimbulkan berbagai pertimbangan bagi kalangan konsumen, mereka
tentunya akan lebih selektif terhadap suatu produk atau barang yang akan mereka
beli.
Pertanyaan :
Apakah negara kita perlu mengikuti
era pasar bebas?
Apa tujuannya?
Apa keuntungan yang diperoleh?
Apa kerugian yang diperoleh?
Sebagai contoh negara yang tidak
mengikuti pasar bebas adalah cina, mereka membatasi masuknya barang-barang dari
negara lain (misal Indonesia), sedangkan di negara kita produk dari cina begitu
melimpah dengan harga mengalahkan produksi dalam negeri.
Dampak Bagi Perusahaan
Apa dampaknya bagi
perusahaan/produsen bila hal-hal demikian terjadi?
1. Perlu manganalisis pasar;
2. Mengenali peluang pasar;
3. Merumuskan strategi pemasaran;
4. Mengembangkan taknik;
5. Menyusun anggaran
Semuanya untuk memenuhi harapan
konsumen.
Ilmu Ekonomi
Definisi : Ilmu Ekonomi adalah ilmu
yang mempelajari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
Fokus utama : hubungan keinginan
manusia dengan faktor-faktor produksi.
1. Faktor-Faktor Produksi
Faktor-faktor produksi adalah :
1. Sumber daya alam (SDA);
2. Sumber daya manusia (SDM);
3. Model
4. Kewirausahaan
2. Tujuan Ekonomi
Tujuan ekonomi adalah bagaimana
menggunakan faktor-faktor produksi atau pendapatan tertentu agar memberikan
kepuasan dan kemakmuran maksimal kepada individu dan masyarakat.
3. Persoalan Ekonomi
Ada beberapa persoalan yang mesti
dicari pemecahan persoalannya, yaitu :
1. Barang dan jasa apa yang
seharusnya dibuat (what);
2. Bagaimana memproduksi barang dan
jasa tersebut (how); dan
3. Untuk siapa barang dan jasa
tersebut diproduksi (for whom).
Ciri-Ciri Perusahaan
Subuah perusahaan harus
memperhatikan hal berikut :
1. Operatif = Perusahaan harus
selalu ada kegiatan
2. Koordinatif = harus bekerjasama
satu sama lainnya
3. Reguler = ada peraturan yang
harus ditaati
4. Dinamis = Selalu ada ada
kemajuan
5. Formal = selalu berbentuk
organisasi
6. Lokasi = tempat perusahaan
berada
7. Pelayanan bersyarat = membedakan
sesuai kapasitas konsumen seperti pada tiket ada kelas ekonomi ada kelas VIP
dll.
Tujuan Perusahaan
Ada dua hal tujuan perusahaan,
yaitu :
1. Tujuan Ekonomis
2. Tujuan Sosial
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
- Kepada pemilik modal/investor
- Kepada lembaga penelitian
- Kepada pekerja/karyawan
- Kepada konsumen
- Kepada Distributor
- Kepada masyarakat
- Kepada pemasok
- Kepada pesaing
Lingkungan Perusahaan
- Lingkungan Eksternal
- Lingkungan Internal
Lingkungan Eksternal Makro
- Alam
- Politik
- Hukum
- Ekonomi
- Teknologi
- Sosial dan Budaya
- Demografi
- Hubungan Internasional
Lingkungan Eksternal Mikro
- Pemasok
- Perantara
- Teknologi
- Pasar
Lingkungan Internal
- Tenaga Kerja
- Peralatan dan Mesin
- Permodalan
- Bahan Mentah
- Sistem informasi dan administrasi
Fungsi-Fungsi Perusahaan (1)
- Fungsi Operasi
- Pembelian dan produksi
- Pemasaran
- Keuangan
- Personalia
- Akuntansi
- Teknologi informasi
- Hukum dan humas
- Fungsi Manajemen
- Planning
- Organizing
- Actuating
- Controling
Kesimpulan
- Orientasi ekonomi adalah memenuhi kebutuhan
manusia.
- Masalah ekonomi adalah bagaimana memenuhi
keinginan manusia yang tidak terbatas dengan faktor produksi yang
terbatas.
- Namun dengan keinginan manusia yang tidak
terbatas roda ekonomi tetap berputar.

Belum ada tanggapan untuk "Pengantar Bisnis Ekonomi Manajemen"
Post a Comment