Contoh Bab 3 Rancangan Bangun Sistem

            RANCANG BANGUN SISTEM
Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie
                        
3.1     Gambaran Umum Sistem Berjalan
  Tahap perencanaan dan perancangan sistem ini merupakan tahap awal dalam merancang sebuah Sistem ini, seperti membuat perencanaan, perancangan, diagram alur, tujuan dan isi dari sebuah Sistem. Sistem Informasi  ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan Ms Acces sebagai databasenya, sedangkan Cristal Report  digunakan sebagai aplikasi untuk membuat laporan dari sistem tersebut.
Tahap selanjutnya yaitu tahap pembuatan diagram alur yaitu ERD (Entity Relationship Diagram) atau aliran informasi dari website perancangan dan implementasi Sistem Informasi Kegiatan Pemeliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie tersebut. ERD atau diagram alir adalah gambaran yang menampilkan struktur hirarki dan isi halaman per-halaman. Dengan adanya ERD akan sangat membantu untuk memvisualisasikan isi dari setiap halaman sistem informasi tersebut.
Dengan pembuatan ERD dalam suatu sistem informasi dapat membantu mempermudah dalam pemeliharaan dan pembaharuan isi sistem. Hal ini sangat penting dilakukan karena isi situs harus selalu diperbaharui sehingga user dari sistem tersebut  tidak bosan.

3.2  Model Sistem Informasi
Model yang akan dipergunakan dalam Sistem Informasi Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie akan di rancang untuk di jadikan sebuah informasi yang dapat menampilkan informasi dalam mengolah data dan mengikuti prosedur-prosedur tertentu untuk menyajikan informasi dan pengambilan keputusan dalam sebuah sistem. Diperlukan juga programer yang bisa memahami sistem yang bisa mengoperasikan sistem dalam bahasa mesin.  



3.3  Entity Relationship Diagram (ERD)
Beberapa aturan bisnis mengenai relasi antar entitas dalam rancangan basis data rancang bangun Sistem Informasi Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Entitas data Ruangan, merupakan data Ruangan yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie.
2.      Entitas data Pemasok, merupakan daftar pemasok-pemasok barang untuk kebutuhan Bupati dan Wakil Bupati Pidie.
3.      Entitas data Barang, merupakan data Barang  yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Pidie.
4.      Entitas data Perlengkapan, merupakan data Perlengkapan  yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Pidie.
5.      Entitas data Pemeriksa, merupakan data Pemerikasa Barang yang ada dalam Kabupaten Pidie.
6.      Entitas data Pemeliharaan Barang, merupakan data keadaan pemeliharaan barang yang ada di Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Pidie.
7.      Entitas data Pemeliharaan Perlengkapan, merupakan data keadaan pemeliharaan Perlengkapan yang ada di Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Pidie.

                        Entity relationshipDiagram (ERD) / Diagram hubungan Entitas ditunjukkan pada gambar 3.1 halaman berikut


Ruangan

kdruang

Pemasok

nmperlengkapann

kdpemasok

pemilik

nmtoko

perlengkapan

Mrk/model

ukuran

bahan

thnpembelian

kdruang

kdpemasok

harga

No Hp

kdsbarang

kdperlengkapan

pemperlengkapan

Pembarang

kdruangan

keterangan

kdperlengkapan

kdpemplk

Tglpemeriksa

kdpemeriksa

kdpemeriksa

keterangan

kdpemasok

tglpemeriksa

Kdpembrg

kdruang

pemeriksa

nip

nmpemeriksa

almkantor

Berada


Berada


jmlperlengkapan

nmruang

jmlbarang

Berada


jntoko

alamat
 



















kndsbarang

harga

kdbarang

kdpemasok


Barang

Mrk/model

ukuran

bahan

Thnpembelian

nmbarang
                                                                                                 

kdruang
 





Gambar 3.1 Entity Relationship Diagram (ERD)


3.4  Mempersiapkan Database
Tahap ini merupakan tahap dimana penulis menempatkan data yang sudah ada pada database. Data tersebut nantinya akan diproses oleh data yang sudah dibuat. Tempat untuk menampung data tersebut disebut dengan basisdata atau database strukturnya yang terdiri dari atas  tabel-tabel yang dibuat dengan menggunakan program Ms Acces.
            Dalam perancangan Sistem Informasi Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie, penulis membuat beberapa tabel dalam database sebagai tempat penyimpanan data, tabel-tabel tersebut diantaranya tabel Barang, tabel Perlengkapan, tabel Ruangan, tabel Pemasok, table Pemeriksa, table pemeriksaan Barang dan juga tabel Pemeriksaan Perlengkapan. pembuatan database dan tabel-tabel penulis mempergunakan fasilitas Microsoft Acces yaitu salah satu fasilitas database yang mudah untuk digunakan, dibawah ini gambaran isi dari masing-masing tabel :


3.4.1           Struktur Tabel Ruang
Tabel Ruang merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data Barang yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbruang
Field Key                                : kdruang


No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdruang
Int
5
Primary
Kode Ruang
2
nmruang
text
20

Nama Ruang
3
jmlbarang
text
50

Jumlah Barang
4
jmlperlengkapan
text
20

Jumlah Perlengkapan

3.4.2        Struktur Tabel Pemasok
Tabel Pemasok merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data Pemasok Barang dan Perlengkapan yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbpemasok
Field Key                                : kdpemasok

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdpemasok
Int
5
Primary
Kode Pemasok
2
nmpemasok
text
20

Nama Pemasok
3
pemilik
text
50

Pemilik
4
jntoko
text
20

Jenis Toko
5
No Hp
text
12

No Hp
6
Alamat
text
30

Alamat Toko



3.4.3        Struktur Tabel Pemeriksa
Tabel Pemeriksa merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data Pemeriksa Barang dan Perlengkapan yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbpemeriksa
Field Key                                : kdpemeriksa

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
Nip
Int
5
Primary
Nip Pemeriksa
2
nmpemeriksa
text
20

Nama Pemeriksa
3
almpemeriksa
text
50

Alamat / Berasal dari Kantor






3.4.4        Struktur Tabel Barang
  Tabel Barang merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data Barang yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbbarang
Field Key                                : kdbarang

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdbarang
Int
5
Primary
Kode Barang
2
nmbarang
text
20

Nama Barang
3
merk/model
text
50

Merk/Model Barang
4
ukuran
text
20

Ukuran barang
5
bahan
text
20

Bahan Dasar Barang
7
harga
text
10

Harga Barang
8
kdsbarang
text
20

Kondisi Barang
9
tahpembar
Date
00-00-000

Tahun Pembelian barang
9
kdpemasok
text
5

Kode Pemasok
10
kdruang
text
5

Kode Ruang


3.4.5           Struktur Tabel Perlengkapan
  Tabel Barang merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data Perlengkapan yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbperlengkapan
Field Key                                : kdplk

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdplk
Int
5
Primary
Kode perlengkapan
2
nmplk
text
20

Nama perlengkapan
3
merk/model
text
50

Merk/Model perlengkapan
4
ukuran
text
20

Ukuran perlengkapan
5
bahan
text
20

Bahan Dasar Perlengkapan
7
harga
text
10

Harga perlengkapan
8
kdsbarang
text
20

Kondisi perlengkapan
9
tahpembar
Date
00-00-000

Tahun Pembelian perlengkapan
9
kdpemasok
text
5

Kode Pemasok
10
kdruang
text
5

Kode Ruang



3.4.6        Struktur Tabel Pemeriksaan Barang
  Tabel Pemeriksaan Barang merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data  dan kegiatan Pemeriksaan Barang yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbpembrg
Field Key                                : kdpembrg

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdpembrg
Int
5
Primary
Kode Pemeriksaan Barang
2
kdbarang
text
20

Kode  Barang
3
kdruang
text
50

Kode Ruang
4
kdpemeriksa
text
20

Kode Pemeriksa
5
tglpemeriksaan
text
00-00-0000

Tanggal pemeriksaan
7
keterangan
text
10

keterangan





3.4.7        Struktur Tabel Pemeriksaan Perlengkapan
  Tabel Pemeriksaan Perlengkapan merupakan tabel yang digunakan untuk merekam data dan kegiatan Pemeriksaan Perlengkapan yang ada di pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie,  adapun struktur tabelnya dapat dilihat sebagai berikut.
Nama Database                       :  Dbpemeliharaan
Nama File                                : tbpemplk
Field Key                                : kdpemplk

No
Field
Type
Size
Key
Keterangan
1
kdpemplk
Int
5
Primary
Kode Pemeriksaan Perlengkapan
2
kdplk
text
20

Kode  Perlengkapan
3
kdruang
text
50

Kode Ruang
4
kdpemeriksa
text
20

Kode Pemeriksa
5
tglpemeriksaan
text
00-00-0000

Tanggal pemeriksaan
6
keterangan
text
10

keterangan


3.5  Data Flow Diagram (DFD)
                
Data Flow Diagram (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan fisik letak data tersebut disimpan. DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur.

a.       Data Flow Diagram (DFD) level 0
Data Flow Diagram (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan fisik dimana data tersebut disimpan. DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur.
DFD level 0 merupakan penjabaran dari konteks diagram seperti dapat dilihat pada gambar halaman berikut ini.





Admin

 


                                               Laporan Sistem
 





Sistem Informasi Kegiatan Pemeliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie
                              
                     

                             Data Ruang
                      Data Pemasok
                 Data Pemeriksa         
                        Data Barang
                        Data Perlengkapan
                        Data Pem Barang
                       Data Pem Perlengkapan


Gambar 3.2 Data Flow Diagram Level 0 Website Pemerintah Kabupaten Pidie


b.     

Kdruang


Save

Update

Delete

Admin

Kdruang

Input Data Ruang

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data Ruang

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 1 (Ruang)



File Ruang





Gambar 3.3 Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 1 (Data Ruang)

c.      

Kdpemasok


Save

Update

Delete

Admin

Kdpemasok

Input Data Pemasok

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data Pemaspk

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 2 (Pemasok)


File Pemasok






Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 2 (Data Pemasok)









d.     

Kdpemeriksa


Save

Update

Delete

admin

Kdpemeriksa

Input Data Pemeriksa

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data pemeriksa

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1Untuk Proses 3 (Pemeriksa)



File Data Pemeriksa


Data Pemeriksa







Gambar 3.5 Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 3 (Data Dinas dan Badan)


e.      

Kdbrk


Save

Update

Delete

admin

Kdbrg

Input Data Barang

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data Barang

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1Untuk Proses 4 (Barang)
f.       a Flow


File Data Barang


Data Barang







        Gambar 3.6 Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 4 (Data Barang)


g.     

Kdplk


Save

Update

Delete

admin

Kdplk

Input Data Perlengkapan

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data perlengkapan

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1Untuk Proses 5 (Perlengkapan)



File Data Perlengkapan


Data perlengkapan







Gambar 3.7 Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 5 (Data Perlengkapan)



h.     

Kd_pembar


Save

Update

Delete

admin

Kd_pembar

Input DataPem Barang

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data pembar

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 6 (Pemeriksaan Barang)



File Data Pem Barang


Data pembar







Gambar 3.8  Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 6 (Data Pemeriksaan Barang)



i.       

Kdpemplk


Save

Update

Delete

admin

Kdpemplk

Input DataPem Barang

Data di Simpan

Data yang di koreksi

Data pemplk

Data yang di Hapus
Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 6 (Pemeriksaan Perlengkapan)



File Data Pem Perlengkanapan


Data pemplk







Gambar 3.8  Data Flow Diagram Level 1 Untuk Proses 6 (Data Pemeriksaan Perlengkapan)


6    Rancangan Dialog
         Rancangan dialog ini untuk memudahkan terjadinya interaksi antara pemakai dengan sistem, dimana dalam dialog tersebut terdiri dari menu utama dan juga sub menu yang lain termasuk menu laporan.

3.6.1   Rancangan Dialog Menu Utama
            Rancangan dialog menu utama ini terdiri dari rancangan dialog input data, rancangan dialog perbaharui data, rancangan dialog laporan dan keluar aplikasi. Adapun rancangan halaman depan dalam Sistem Informasi Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie dapat dilihat pada gambar 3.7 berikut ini



MENU DEPAN

Update/delete

keluar

 Data Pemasok

Data Pemasok


Data Pemeriksa

Data Barang

Data Pem Barang

Data Perlengkapan

Data Pem Plk

Lap. Pemasok

Lap. Ruangan

Lap. Pemeriksa


Lap. Barang


Lap. Pem Barang


Lap. Perlengkapan

Lap. Pem Plk

Data Pem Barang


Data Barang


Data Perlengkapan

Data Pem Plk

Data Pemeriksa


Data Ruangan


Data Ruangan

Output

Inpu data
 


















Gambar 3.9 Rancangan Dialog Halaman Utama

3.6.2    Rancangan Dialog Input Data
             Rancangan setup model Sistem Informasi Kegiatan Pemelliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie yang terdiri dari beberapa rancangan desain form diantaranya dapat dijelaskan sebagai berikut:


3.6.2.1.Rancangan Dialog Form Input Data Ruangan
    Rancangan Form entri data Ruangan merupakan form yang kegunaannya untuk mengisi data Ruangan yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.10 berikut ini.

ENTRI DATA RUANGAN
Kode Ruangan
Nama Ruangan
Jumlah Barang
Jumlah Perlengkapan


Simpan

Batal
Gambar 3.10 Rancangan Desain Dialog Input Data Ruangan

3.6.2.2. Rancangan Dialog Form Input Data Pemasok
  Rancangan Form entri data Pemasok ini merupakan form yang kegunaannya untuk mengisi data Pemasok Barang dan Perlengkapan Pendopo Bupati dan Wakil Bupati, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.11 berikut ini.



ENTRI DATA PEMASOK
Kode Pemasok
Nama Toko
Nama Pemilik
Jenis Toko
No Hp
Alamat


Simpan

Batal

Gambar 3.11 Rancangan Desain Dialog Input Data  Pemasok

3.6.2.3.Rancangan Dialog Form Input Data Pemeriksa
  Rancangan Form entri data Pemeriksa ini merupakan form yang kegunaannya untuk mengisi data Pemeriksa Barang dan Perlengkapan yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3.12

ENTRI DATA PEMERIKSA
Nip
Nama Pegawai
Alamat/Kantor


Simpan

Batal
Gambar 3.12 Rancangan Dialog Input Data Pemeriksa


3.5.2.4  Rancangan Dialog Form Input Data Barang
  Rancangan Form entri data  Barang adalah form yang kegunaannya adalah untuk mengisi data barang  yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3.13

ENTRI DATA BARANG
Kode Barang
Nama Barang
Merek/Model
 
Ukuran
Bahan
Harga/Unit
Thn Pembelian
kdsbarang
Kdpemasok
kdruang


Simpan

Batal
Gambar 3.13 Rancangan Dialog Input Data Barang

3.5.2.5  Rancangan Dialog Form Input Data Perlengkapan
  Rancangan Form entri data  Perlengkapan adalah form yang kegunaannya adalah untuk mengisi data perlengkapan  yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3.13
 
ENTRI DATA PERLENGKAPAN
Kode Perlengkapan
Nama Perlengkapan
Merek/Model
 
Ukuran
Bahan
Harga/Unit
Thn Pembelian
kdsbarang
Kdpemasok
kdruang


Simpan

Batal
Gambar 3.13 Rancangan Dialog Input Data Perlengkapan

3.6.2.6 Rancangan Dialog Form Input Pemeriksaan Barang
  Rancangan Form entri Pemeriksaan Barang ini merupakan form yang kegunaannya untuk mengisi data dan kegiatan pemeriksaan barang yang dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3.15

ENTRI PEMERIKSAAN BARANG
Kode Pemeriksa Barang
Tgl Pemeriksaan
Kode Barang
Kode Pemeriksa
Keterangan


Batal

Simpan

Gambar 3.15 Rancangan Dialog Input Pemeriksaan Barang

3.6.2.6 Rancangan Dialog Form Input Pemeriksaan Perlengkapan
  Rancangan Form entri Pemeriksaan Perlengkapan ini merupakan form yang kegunaannya untuk mengisi data dan kegiatan pemeriksaan perlengkapan rumah tangga yang dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3.15

ENTRI PEMERIKSAAN PERLENGKAPAN
Kode Pemeriksa perlengkapan
Tgl Pemeriksaan
Kode Perlengkapan
Kode Pemeriksa
Keterangan


Batal

Simpan

Gambar 3.15 Rancangan Dialog Input Pemeriksaan Perlengkapan

3.7   Rancangan Laporan
Rancangan daftar data laporan Sistem input dan lain sebagainya, untuk hasil akhir sebuah aplikasi tentunya memerlukan sebuah laporan yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada yang membutuhkan informasi sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
          Adapun beberapa rancangan daftar  halaman laporan dari Sistem Informasi Kegiatan Pemeliharaan Barang dan Perlengkapan Rumah Jabatan/dinas pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kab. Pidie yang bisa dicetak antara lain adalah sebagai berikut :

3.7.1    Rancangan Laporan Data Ruangan
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Ruangan yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.1.berikut ini

No
Kode Ruangan
Nama Ruangan
Jumlah Barang
Jumlah Perlengkapan
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
3
--- --- ---
--- --- --- ---- ----
---  ---  ---
 --- ---  ---  ---
                        Gambar 3.16 Rancangan Laporan Data Ruangan



3.7.2 Rancangan Laporan Profil Pemasok
          Rancangan laporan ini merupakan untuk menampilkan data pemasok barang dan Perlengkapan pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati, adapun data yang ditampikan adalah data yang tersimpan dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.17 berikut ini.
No
Kode Pemasok
Nama Toko
Nama Pemilik
Jenis Toko
No Hp
Alamat
1
--- --- ---
---  ---  ---
---  ---  ---  ---

---  ---  -
---  ---  -
2






3
--- --- ---
---  ---  ---
---  ---  ---  ---

---  ---  -
---  ---  -
     Gambar 3.17 Rancangan Laporan Data Tentang Pemasok


3.7.3  Rancangan Laporan Data Pemeriksa
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Pemeriksa barang dan Perlengkapan yang ada dalam Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.18
No
NIP
Nama
Alamat/Kantor
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 




Gambar 3.18 Rancangan Laporan Pemeriksa

3.7.4  Rancangan Laporan Data Barang
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Barang-barng yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.19 berikut ini
No
Kode barang
Nama Barang
Merek/model
Ukuran
Bahan
Harga
Kondisi Barang
Thn pembelian
Kode pemasok
Kode ruang
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
----------
-----------
---  ---  ---  --- 



2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
----------
-----------
---  ---  ---  --- 



3
--- --- ---
--- --- --- ---- ----
---  ---  ---
 --- ---  ---  ---
----------
----------
 ---  ---  ---  ---




Gambar 3.19 Rancangan Laporan Barang


3.7.5  Rancangan Laporan Data Perlengkapan
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Perlengkapan-perlengkapan yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.19 berikut ini

No
Kode plkp
Nama plkp
Merek/model
Ukuran
Bahan
Harga
Kondisi Barang
Thn pembelian
Kode pemasok
Kode ruang
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
----------
-----------
---  ---  ---  --- 



2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
----------
-----------
---  ---  ---  --- 



3
--- --- ---
--- --- --- ---- ----
---  ---  ---
 --- ---  ---  ---
----------
----------
 ---  ---  ---  ---




Gambar 3.19 Rancangan Laporan Perlengkapan



3.7.6  Rancangan Laporan Data Pemeriksaan Barang
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Kegiatan pemeriksaan barang yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.20 berikut ini
No
Kode pms barang
Tgl Pemeriksaan
Kode
pemeriksa
Kode barang
keterangan
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
-----------
2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
-----------
3
--- --- ---
--- --- --- ---- ----
---  ---  ---
 --- ---  ---  ---
------------
Gambar 3.20 Rancangan Laporan Data Pemeriksaan Barang

3.7.6  Rancangan Laporan Data Pemeriksaan Perlengkapan
          Rancangan laporan ini fungsinya untuk menampilkan data Kegiatan pemeriksaan Perlengkapan yang ada pada Pendopo Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pidie, adapun data yang ditampikan adalah data yang ada dalam database, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.20 berikut ini
No
Kode pms perlengkapan
Tgl Pemeriksaan
Kode
pemeriksa
Kode perlengkapan
keterangan
1
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
-----------
2
--- --- ---
---  ---  ---  ---  --- 
---  ---  --- 
---  ---  ---  --- 
-----------
3
--- --- ---
--- --- --- ---- ----
---  ---  ---
 --- ---  ---  ---
------------
Gambar 3.20 Rancangan Laporan Data Pemeriksaan Perlengkapan



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Bab 3 Rancangan Bangun Sistem "

Post a Comment