PROPOSAL
USAHA PRODUKSI KUE CUCUR
Di
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA : ABDULLAH
NPM : 131061111889
KELAS : 5.6
UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
TAHUN AJARAN 2014/2015
TAHUN AJARAN 2014/2015
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................ii
DAFTAR ISI
.........................................................................................................iii
A. Latar Belakang
...........................................................................................
B. Visi
Usaha.....................................................................................................
C. Misi
Usaha...................................................................................................
D. Analisa Peluang
usaha................................................................................
E. Marketing
Mix........................................................................................... .
F. Perhitungan modal dan Harga
jual......................................................... .
G. Perhitungan Rugi/ Laba
.......................................................................... .
H. Analisa
Keuntungan................................................................................ ..
I. Kesimpulan
.............................................................................................. .
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan
Yang Maha Kuasa sehingga Proposal Produksi “Kue Cucur” ini telah
dapat diselesai sebagaimana mestinya. Proposal ini adalah sebagai salah
satu persyaratan mengikuti ujian UAN Produktif tahun pelajaran 2014
/ 2015 .
Bersama ini Saya ingin
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua fihak yang telah
memberikan bimbingan serta pengarahan dan masukan yang bermanfaat bagi
penulisan proposal ini terutama kepada :
1. Ibu Dra. Wardah Suhana M.M.Pd, Selaku Kepala SMK
Negeri 3 Pontianak.
2. Bapak Drs.Samsurizal, M.M.Pd selaku Ka Program Pemasaran.
3. Bapak M. Nasir SPd. selaku pembimbing dalam
pembuatan proposal
4. Bapak/ Ibu Wali Kelas XII Pemasaran
5. Bapak / Ibu Guru Yang mengajar di Program
Pemasaran
6. Kedua orang tuaku yang
mencintaiku dan menyayangiku.
7. Teman-teman di SMK Negeri 3
Pontianak yang telah mendorong memberikan semangat.
Proposal yang sederhana ini masih banyak
kekurangan-kekurangan dalam penulisan laporannya, Untuk itu kritik dan saran
yang bersifat membangun sangat penulis harapkan .
Akhir kata
Saya berharap semoga bimbingan serta bantuan dari semua fihak mendapat
balasan yang sesuai dari Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.
KOTA BAKTI , OKTOBER, 2014
ABDULLAH
ABDULLAH
A. LATAR BELAKANG
Dalam rangka untuk mengikuti ujian Produktif, siswa-siswi SMK
Negeri 3 Pontianak melaksanakan kegiatan ujian praktik produktif .
Kegiatan yang dilakukan
adalah dengan membuat proposal, dimana pembuatan proposal ini dimulai dari
pembimbingan, konsep, pengetikan dan persentasi produk yang dibuat.Selain dari pada itu ujian yang dimaksud
untuk mengangkat produk lokal yang ada didaerah kita khususnya kota pontianak.
Segala Kemampuan menulis untuk memaparkan ide-ide dan daya kreatifitas harus dituangkan dalam kertas maupun
didalam presentasi .
Produk ini
yang semakin hari kurang peminat bisnisnya, dikarenakan persaingan dengan
produk lokal yang lainnya. Pemerintah berupaya melalui ujian produktif
disekolah kejuruan melakukan upaya agar produk lokal tidak ketinggalan dan
ditelan massa. Begitu juga para guru pembimbing
mata diklat produktif berupaya sedini mungkin untuk mempersiapkan
siswa-siswinya agar tampak lebih siap
untuk tampil dalam ujian praktiknya.
Para siswa maupun siswi dituntut
untuk dapat secara profesional melakukan kewajibannya mempersiapkan pengetahuan
dan keterampilan semaksimal mungkin agar dapat dinilai dengan hasil baik dan
mendapatkan nilai yang maksimal.
B.VISI
Adapun yang menjadi visi usaha saya dalam
hal ini adalah :
“Berprestasi,Terampil
dan Bersemangat jiwa wirausaha”.
C.MISI
Ada beberapa hal yang
menjadi misi dalam profosal ini yaitu :
1.Mampu
melakukan pembuatan proposal dan produk
2.Mampu
melakukan praktik penjualan
di lapangan
3.Mendapatkan
semangat jiwa kewirausahan
D.ANALISA
PELUANG USAHA
Ada pun analisa peluang usaha menggunakan analisa SWOT yaitu:
1. Kekuatan Produk kue (Strenght )
a.
Kue ini manis dan kenyal rasanya
b. Disajikan pada waktu dingin
dan panas tetap enak
c. Kue ini tidak mudah basi dan terjangkau harganya
2. Peluang/ Kesempatan
(Opportunity )
a. Dapat dipasarkan dimana saja.
b. Memasarkannya lebih mudah
c. Mengerjakan tidak sulit dan untung
lumayan.
) 3. Kelemahan Kue ( Weakness
a. Kue ini hanya disukai orang-orang tertentu saja
b. Produk kue ini agak sulit berdampingan
dengan kue modern sekarang.
c. Produk kue ini hanya untuk acara-acara tertentu saja.
4. Ancaman (Threat )
4. Ancaman (Threat )
a. Produk kue ini jarang terlihat
dipasar, ada kemungkinan akan hilang
b. Sistim pembuatan kue ini masih
sederhana sehingga bisa kalah saing.
c. Bentuk kue ini kurang
variatif .
E. BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX)
Agar hasil produksi dapat sampai ketangan konsumen
dengan cepat maka diperlukan suatu cara yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari :
1. Produk (product)
Produk
harus diberi nama, diberi merk, dikemas, diberi harga, bahan-bahan membuat kue
yang ditempel dikemasan produk, mas berlaku.
2. Harga (price)
Harga yang
ditempel diproduk adalah harga yang dapat bersaing dengan produk lainnya yang
sejenis dan dapat dijangkau oleh konsumen.
3. Promosi ( promotion)
Produk
diperkenalkan dengan
konsumen dengan cara :
a. Menyajikan
produk extra yang dapat dicicipi
b. Produk
gratis lainnya
c. Potongan
harga
d. Pelayan
antar ketempat konsumen
4. Tempat (Places)
Tempat melakukan pemasaran produk ditempat-tempat yang strategis dimana calon
konsumen ramai seperti pasar tradisional, pasar umum, supermarket atau dikantin
sekolah.
5. Distribusi (distribution)
Produk didistribusikan ketangan konsumen dengan cara disalurkan secara langsung
dengan cara dibawa sendiri, selain itu bekerja sama dengan pengecer yang datang
kerumah.
F. PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA POKOK
1. Modal awal
terdiri dari :
Pembelian tepung beras ½
Kg
Rp. 6. 000
Pembelian gula merah ½ Kg
Rp. 4. 500
Minyak makan ½
Kg
Rp 5. 500
Tepung gandum ¼
Kg Rp. 2. 800+
Total biaya bahan
Rp.18.800
Biaya bungkus
Rp. 5. 000
Biaya Penyusutan
peralatan
Rp. 3. 000
Biaya
Upah Rp. 5. 000+
Harga pokok produksi
kue
Rp.31. 800
Harga pokok / buah kue 31. 800 : 50 =
Rp. 6. 36
2. Perhitungan Harga Jual
Untuk menghitung harga jual kue
ini dapat dihitung dengan
cara :
Harga Jual Kue = Harga pokok produksi + Biaya Pemasaran +20%Laba
.
Harga pokok produksi kue yang diinginkan Rp. 31. 800
Biaya
pemasaran:
- Penitipan
Rp. 5. 000
- Transportasi
Rp. 3. 000+
Total biaya
Rp. 39. 800
Laba yang diinginkan 20
% Rp 7. 960+
Harga jual kue keseluruhannya
Rp. 47. 760
Harga jual kue perpotong = Rp
47. 760 : 50 = Rp 9. 55 ( dibulatkan Rp. 1.000 ).
G. PERHITUNGAN RUGI /LABA
Pendapatan kotor
Rp. 47. 760
Biaya administrasi Rp. 3. 000+
Keuntungan bersih keseluruhan
Rp. 44. 760
Keuntungan / buah
Rp. 9. 55 : Rp6.36 = Rp. 319
H. ANALISA
KEUNTUNGAN
Dari hasil perhitungan rugi laba yang di
dapat ternyata keutungan yang di dapat per hari saya
adalah.
Rp.12. 960 berarti
perkiraan kembali modal saya dalam waktu kurang lebih 3 sampai 4 hari.
Selanjutnya akan menambah modal kerja, Dari analisis perlu upaya agar
modal lebih berkembang yaitu memperbanyak langganan dan promosi penjualan
dilapangan.
I. KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari
profosal ini adalah :
a. Pembuatan
profosal dimaksudkan dalam rangka ujian praktik produktif pemasaran di SMK Negeri 3 tahun
pelajaran 2012/ 2013.
b. Ujian
produktif sekaligus menggalakakan produk lokal yang ada didaerah khususnya
kota pontianak.
c. Agar
siswa/siswi lebih terampil dalam membuat profosal
d. Memotivasi
semangat wirausaha agar dapat tumbuh dan berkembang dihati siswa/siswi dan
masyarakat.
e. Belajar
mencermati baik dari segi modal, peluang usaha dan kemungkinan lainnya.
Belum ada tanggapan untuk "Proposal Usaha Produksi Kue Cucur"
Post a Comment