Proposal Usaha Produksi Kue Cucur

                                PROPOSAL                                  

USAHA PRODUKSI KUE CUCUR

Di

S

U

S

U

N


OLEH :

                                        NAMA    : ABDULLAH                   
                                         NPM      : 131061111889                 
                                        KELAS    : 5.6                          









UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
TAHUN AJARAN 2014/2015








DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................ii
DAFTAR ISI .........................................................................................................iii
A.                   Latar Belakang ...........................................................................................
B.                   Visi Usaha.....................................................................................................
C.                   Misi Usaha...................................................................................................
D.                   Analisa Peluang usaha................................................................................ 
E.                   Marketing Mix........................................................................................... .
F.                    Perhitungan modal dan Harga jual......................................................... .
G.                  Perhitungan Rugi/ Laba .......................................................................... .
H.                   Analisa Keuntungan................................................................................ ..
I.                      Kesimpulan .............................................................................................. . 
                                                                  


KATA PENGANTAR

      Puji syukur  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga Proposal  Produksi “Kue Cucur”  ini telah dapat diselesai sebagaimana mestinya.  Proposal ini adalah sebagai salah satu persyaratan  mengikuti ujian UAN Produktif  tahun pelajaran 2014 / 2015 .
      Bersama ini Saya  ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua fihak yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan dan masukan yang bermanfaat  bagi penulisan proposal ini  terutama kepada :
1.   Ibu Dra. Wardah Suhana M.M.Pd, Selaku Kepala SMK Negeri 3 Pontianak.
2.   Bapak  Drs.Samsurizal, M.M.Pd  selaku Ka Program Pemasaran.
3.  Bapak  M. Nasir SPd.  selaku pembimbing dalam pembuatan proposal
4.   Bapak/ Ibu Wali Kelas XII Pemasaran
5.   Bapak / Ibu Guru  Yang mengajar di Program Pemasaran
6.   Kedua orang tuaku yang mencintaiku dan menyayangiku.
7.  Teman-teman di SMK Negeri 3 Pontianak yang telah mendorong memberikan semangat.
      Proposal yang sederhana ini masih banyak kekurangan-kekurangan dalam penulisan laporannya, Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan .
      Akhir kata Saya berharap semoga bimbingan  serta bantuan dari semua fihak mendapat balasan yang sesuai  dari Tuhan yang maha  pengasih dan penyayang.



KOTA BAKTI , OKTOBER, 2014

ABDULLAH







A. LATAR BELAKANG

     
Dalam rangka untuk mengikuti ujian Produktif, siswa-siswi SMK Negeri 3 Pontianak melaksanakan  kegiatan  ujian praktik produktif .
       Kegiatan yang dilakukan adalah dengan membuat proposal, dimana pembuatan proposal ini dimulai dari pembimbingan, konsep, pengetikan dan persentasi produk yang dibuat.Selain dari pada itu ujian yang dimaksud untuk mengangkat produk lokal yang ada didaerah kita khususnya kota pontianak. Segala Kemampuan menulis untuk memaparkan ide-ide  dan daya kreatifitas harus  dituangkan dalam kertas maupun didalam presentasi .
      Produk ini yang semakin hari kurang peminat bisnisnya, dikarenakan persaingan dengan produk lokal yang lainnya. Pemerintah berupaya melalui ujian produktif disekolah kejuruan melakukan upaya agar produk lokal tidak ketinggalan dan ditelan massa. Begitu juga para guru pembimbing mata diklat produktif berupaya sedini mungkin untuk mempersiapkan siswa-siswinya  agar tampak lebih siap untuk tampil dalam ujian praktiknya.
      Para siswa maupun siswi dituntut untuk dapat secara profesional melakukan kewajibannya mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan semaksimal mungkin agar dapat dinilai dengan hasil baik dan mendapatkan nilai yang maksimal.

B.VISI
Adapun yang menjadi  visi  usaha saya dalam hal ini adalah :
Berprestasi,Terampil dan Bersemangat jiwa wirausaha.
C.MISI
Ada beberapa hal yang menjadi  misi dalam profosal ini yaitu :
1.Mampu melakukan pembuatan proposal dan produk
2.Mampu melakukan  praktik penjualan di lapangan
3.Mendapatkan semangat jiwa kewirausahan
D.ANALISA PELUANG USAHA
    Ada pun analisa peluang usaha menggunakan analisa SWOT yaitu:
1.   Kekuatan Produk kue  (Strenght )
      a.   Kue ini manis dan kenyal  rasanya
      b.   Disajikan pada waktu dingin dan panas tetap enak
      c.    Kue ini tidak mudah basi dan terjangkau harganya
2.   Peluang/ Kesempatan (Opportunity )
      a.  Dapat dipasarkan dimana saja.
      b.  Memasarkannya lebih mudah 
 c.  Mengerjakan tidak sulit dan untung lumayan.
) 3.   Kelemahan Kue  ( Weakness
      a.   Kue ini hanya disukai orang-orang tertentu saja
      b.   Produk kue ini agak sulit berdampingan dengan kue modern sekarang.
      c.   Produk kue ini hanya untuk acara-acara tertentu saja.                                                                                                   
 4.   Ancaman (Threat )
      a.   Produk kue ini jarang terlihat dipasar, ada kemungkinan akan hilang
b.   Sistim pembuatan kue ini masih sederhana sehingga bisa kalah saing.
c.   Bentuk kue ini kurang  variatif .

E. BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX)
     Agar hasil produksi dapat sampai ketangan konsumen dengan cepat maka diperlukan suatu cara yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari :
1.         Produk (product)
Produk harus diberi nama, diberi merk, dikemas, diberi harga, bahan-bahan membuat kue yang ditempel dikemasan produk, mas berlaku.
2.          Harga (price)
Harga yang ditempel diproduk adalah harga yang dapat bersaing dengan produk lainnya yang sejenis dan dapat dijangkau oleh konsumen.
3.         Promosi ( promotion)
Produk diperkenalkan dengan konsumen dengan cara :
a.      Menyajikan produk extra yang dapat dicicipi
b.      Produk gratis lainnya
c.       Potongan harga
d.      Pelayan antar ketempat konsumen
4.     Tempat (Places)
            Tempat melakukan pemasaran produk ditempat-tempat yang strategis dimana calon konsumen ramai seperti pasar tradisional, pasar umum, supermarket atau dikantin sekolah.
5.      Distribusi (distribution)
            Produk didistribusikan ketangan konsumen dengan cara disalurkan secara langsung dengan cara dibawa sendiri, selain itu bekerja sama dengan pengecer yang datang kerumah.

F PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA POKOK
      1.   Modal awal terdiri dari :
            Pembelian tepung beras ½ Kg                                 Rp. 6. 000
            Pembelian gula merah  ½ Kg                                   Rp. 4. 500
            Minyak makan ½ Kg                                                Rp  5. 500
            Tepung gandum ¼ Kg                                              Rp. 2. 800+
            Total biaya bahan                                                     Rp.18.800
            Biaya bungkus                                                           Rp.  5. 000
            Biaya Penyusutan peralatan                                    Rp.  3. 000
            Biaya Upah                                                                Rp.  5. 000+
            Harga pokok produksi kue                                      Rp.31. 800
            Harga pokok / buah kue                       31. 800 : 50 = Rp. 6. 36
           
      2.   Perhitungan Harga Jual
            Untuk menghitung harga jual kue ini dapat dihitung dengan cara  :                      
            Harga Jual Kue = Harga pokok produksi + Biaya Pemasaran +20%Laba
.
            Harga pokok  produksi kue yang diinginkan   Rp.    31. 800
            Biaya pemasaran:                                        
-          Penitipan                                                  Rp.      5. 000
-          Transportasi                                            Rp.      3. 000+
Total biaya                                                     Rp.    39. 800
Laba yang diinginkan 20 %                         Rp       7. 960+
Harga jual kue keseluruhannya                  Rp.    47. 760
Harga jual kue perpotong = Rp 47. 760 : 50 = Rp 9. 55 ( dibulatkan Rp. 1.000 ).
           
    G PERHITUNGAN RUGI /LABA
       Pendapatan kotor                                          Rp.  47. 760
           Biaya administrasi                                          Rp.    3. 000+
           Keuntungan bersih keseluruhan                  Rp.  44. 760
           Keuntungan / buah
           Rp. 9. 55 :  Rp6.36     = Rp. 319
                                               
       H. ANALISA KEUNTUNGAN
Dari hasil perhitungan rugi laba yang di dapat ternyata keutungan yang di dapat per hari saya  adalah. Rp.12. 960  berarti perkiraan kembali modal saya dalam waktu kurang lebih 3  sampai 4 hari.  Selanjutnya akan menambah modal kerja, Dari analisis perlu upaya agar modal lebih berkembang yaitu memperbanyak langganan dan promosi penjualan dilapangan.                                          
I.                   KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari profosal ini adalah :
a.      Pembuatan profosal dimaksudkan dalam rangka ujian praktik produktif pemasaran di SMK Negeri 3 tahun pelajaran 2012/ 2013.
b.      Ujian produktif sekaligus menggalakakan produk lokal yang ada didaerah khususnya kota pontianak.
c.       Agar siswa/siswi lebih terampil dalam membuat profosal
d.      Memotivasi semangat wirausaha agar dapat tumbuh dan berkembang dihati siswa/siswi dan masyarakat.

e.       Belajar mencermati baik dari segi modal, peluang usaha dan kemungkinan lainnya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Proposal Usaha Produksi Kue Cucur"

Post a Comment